News, Tumbler

Tips Cara Mencuci Botol Tumbler yang Benar Menurut Ahli, Bukan Pakai Air Keran

Tumbler indigo

Tips Cara Mencuci Botol Tumbler yang Benar Menurut Ahli, Bukan Pakai Air Keran. Begini kata ahli cara mencuci botol tumbler dengan benar, bukan pakai air keran ya. Saat mencuci botol tumbler, biasanya kita akan menggunakan air keran biasa untuk membilasnya.

Botol minum atau tumbler menjadi bagian baru dari gaya hidup masa kini. Ketika kesadaran untuk menjaga lingkungan semakin tinggi, maka pengguna tumbler pun meningkat. Tumbler stainless menjadi salah satu pilihan tumbler yang bisa kita gunakan sebagai pengganti botol plastik sekali pakai. Namun, tumbler stainless ini biasanya memiliki aroma khas yang kadang mengganggu. Apalagi jika tidak dibersihkan dengan baik dan tepat.

Tips Cara Mencuci Botol Tumbler yang Benar Menurut Ahli, Bukan Pakai Air Keran

Memangnya, kenapa sih kita perlu memakai tumbler? Perlu kita sadari bahwa salah satu penyumbang jumlah terbesar adalah penggunaan cup plastik yang digunakan saat kita memesan minuman. Di tengah kampanye pengurangan jumlah sampah yang semakin mengkhawatirkan, kini sudah banyak orang yang memiliki kesadaran akan manfaat yang didapatkan dengan menggunakan tumbler untuk minum.

Botol tumblr sekarang ini sering dibawa banyak orang daripada membeli minuman di rumah. Namun, masih banyak yang salah dengan cara mencuci botol tumbler, nih.

Hal ini tentu saja sangat baik, untuk perubahan dan pengurangan sampah plastik di Indonesia. Karena menurut ahli, berikut ini cara mencuci botol minum tumbler yang benar agar bersih dan bebas dari kuman.

Selama ini mencuci tumbler yang benar sering diabaikan dan justru menimbulkan masalah. Akibatnya, masih ada noda membandel hingga bau tidak sedap yang ditimbulkan dari tumbler karena kurang bersih ketika mencucinya.

Makanya, berikut ada beberapa langkah membersihkan botol yang baik dari Spesialis Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Yulia Risa Saharman.

Tips Cara Mencuci Botol Tumbler yang Benar Menurut Ahli, Bukan Pakai Air Keran

1. Gunakan air panas

Lalu untuk hasil yang lebih baik khususnya untuk mencegah berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan penyakit sebaiknya mencucinya menggunakan air panas. Alasannya air panas sudah dimasak terlebih dulu sehingga kebersihannya lebih terjamin dibandingkan air keran.

2. Buka semua bagian botol

Pertama, pastinya semua bagian botol harus dibuka termasuk tutup botol, termasuk juga sedotan yang kerap ada pada botol.

Lalu basahi botol dengan air dan barulah berikan sabun. Pada bagian noda yang berkerak gosok menggunakan busa atau brush khusus untuk mencuci botol.

3. Gunakan baking soda

Kalau sabun pencuci piring masih belum ampuh, bisa juga menggunakan baking soda yang dilarutkan terlebih dulu ke dalam air baru digosokkan ke noda.

Tidak ada batasan waktu saat mencuci botol yang penting adalah nodanya hilang dan seluruh permukaan botol tercuci. Yang penting noda kasat mata hilang dan yakin seluruh permukaan sudah terjangkau.

Tips Cara Mencuci Botol Tumbler yang Benar Menurut Ahli, Bukan Pakai Air Keran

Bahaya Jika Salah Mencuci Botol

Pemberian botol susu pada anak memang masih kerap menjadi perdebatan di kalangan ibu-ibu.

Ada beberapa yang sama sekali enggan mengenalkan anak pada botol susu, tetapi ada pula beberapa yang masih mau mengenalkan anak pada botol susu.

Tentunya dengan berbagai pertimbangan. Nah, terlepas dari hal itu, ada satu hal yang patut diketahui. Jika kamu merupakan tipe ibu yang masih mau mengenalkan anak pada botol susu, sebaiknya berhati-hati ketika mencucinya.

Sebab kesalahan dalam mencuci botol susu dapat membuat risiko berbahaya bagi kesehatan anak, salah satunya yakni risiko terkena penyakit kanker.

Hal ini disebabkan karena dalam wadah plastik tersembunyi sebuah zat berbahaya bernama Bisphenol-A (Bp-A). Bp-A biasanya digunakan untuk membuat plastik polikarbonat, suatu bahan plastik bening dan kuat yang biasa digunakan untuk botol susu bayi.

Bahkan, hampir 95% botol bayi yang beredar dipasaran mengandung zat ini. Tak terkecuali botol susu dengan merek terkenal sekalipun.

Plastik polikarbonat biasanya ditandai dengan angka 7 di dalam segitiga daur ulang yang ada di bawah botol atau PC di dekat segitiga daur ulang.

Bp-A dapat menyebabkan sejumlah penyakit serius seperti kanker prostat, kanker payudara, pubertas lebih awal, obesitas, diabetes, hingga perubahan dalam sistem imun.

Tips Cara Mencuci Botol Tumbler yang Benar Menurut Ahli, Bukan Pakai Air Keran

Semoga bermanfaat!