Tumbler

Apa itu Tumbler, Fungsi Dan Rekomendasi Jenisnya

apa itu tumbler

apa itu tumbler ? Di jaman sekarang yang serba digital, banyak banget cara untuk mempromosikan brand atau perusahaan. Salah satunya dengan bikin tumbler jadi souvenir.

Secara Definisi tumbler itu seperti apa dan fungsinya untuk apa ? Jika Anda sedang memikirkan untuk membuat botol minum jadi barang souvenir atau promosi perusahaan. Pastikan baca artikel in sampai habis.

Jadi, apa itu tumbler ? sekarang, begitu banyak perusahaan yang menggunakan botol sebagai salah satu cara promosi atau souvenir tumbler untuk acara kantornya. Jadi, apa itu tumbler ? Menurut Kamus besar bahasa indonesia, tumbler adalah wadah air minum yang berbentuk mirip gelas tapi tanpa pegangan dan ada tutupnya.

Bentuk yang unik ini keberadaannya populer dikalangan dunia kerja sehingga kerap sebagai atribut atau souvenir kantor untuk pelengkapan kantor atau karyawanannya.

apa itu tumbler

Apa itu Tumbler ?

apa itu tumbler

Tumbler adalah sebuah alat makan dan minum untuk menyimpan minuman seperti air, kopi dan lain – lain. Botol tumbler mampu menaga suhu minuman di dalamnya, mulai minuman tetap panas atau dingin sesuai keinginan.

Tumbler terbuat dari stainless steel tapi tidak hanya stainless saja. tapi ada plastik atau kaca. Setiap bahan yang digunakan untuk membuat tumbler memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Misalnya botol tumbler stainless steel memiliki ketahanan lama dan mudah dibersihkan, sedangkan botol tumbler plastik lebih ringan dan mudah di jin-jing kemana saja.

Tumbler dilengkapi dengan tutup yang rapat dan pengunci, sehingga tidak mudah tumpah dan memudahkan dalam membawa minuman ketika berolahraga. Botol tmbler dilengkapi dengan filter atau infuser yang bisa dipakai untuk menyeduh teh atau kopi secara langsung dalam botol tumbler. Tidak hanya itu, penggunaan tumbler untuk membantu mengurangi pemakaian botol plastik yang kerap mencemari lingkungan. Dengan Anda memakai tumbler, secara tidak langsung  berkontribusi dalam pengurangan pencemaran lingkungan.

Tumbler hadir dalam beragam model dengan beragam desain dan motif yang lebih stylis dan modern. Bentuknya disetting untuk memberi manfaat praktis kepada para penggunanya. Bobotnya ringan, water bottler sering dibawa untuk menemani aktivitas sehari – hari banyak orang, terutama saat di luar ruangan.

Perbedaan Dasar Tumbler Dan Termos

apa itu tumbler

Penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan tumbler dan termos. Karena, dua jenis wadah ini hampir mirip dalam tampilan dan fungsi .

Fungsi tumbler maupun termos itu sama – sama untuk menyimpan air minum. Selain itu, keduanya dirancang bisa menjaga suhu minuman dalam waktu lama. Tapi tidak semua botol minum bisa menjaga suhu air  dalam waktu lama.

Tumbler maupun termos yang biasa sebagai menjaga suhu air minuman, biasa terbuat dari bahan stainless steel. Termos memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dari tumbler untuk menjaga suhu air di dalamnya. bahkan sampe puluhan jam.

Tapi, karena ukurannya besar, termos terlalu berat untuk dibawa kemana – mana dan tidak praktis. Lain cerita dengan tumbler yang di desainnya lebih fleksibel dan praktis untuk bisa dibawa kemana – mana. Mulai untuk aktivitas kantor atau olahraga di GYM.

Ada juga termos yang ukurannya lebih kecil dan compact, namanya vacuum flask tumbler. Buat maksimalkan fungsinya, biasanya tumbler ini dilengkapi sama termometer buat mengukur suhu air di dalamnya, masyarakat menyebutnya LED.  LED sebuah penutup pintar yang bisa menunjuki suhu air yang ada di dalam tumbler

4 Fungsi Tumbler

Fungsi tumbler tidak hanya untuk menyimpan air tapi bisa buat hal – hal lain. Ada beberapa fungsi tumbler yang bisa Anda pahami. mari simak:

1. Sebagai Wadah makanan

Tumbler tidak hanya untuk wadah minum tapi banyak orang menggunakan tumbler buat nyimpan makanan berkuah seperti sup, bubur atau kolak. Karena tumbler bisa menjaga suhu makanan tetep panas. Biasanya tumbler yang bagus terbuat ari stainless steel atau aluminium.

2. Menjaga Makanan Tetap Higenis

Tumbler yang terbuat stainless steel tidak hanya untuk menjaga suhu air tapi bisa menjaga makanan tetap higenis, karena tumbler memiliki yang kuat dan tidak bisa ditembus dan penutup pun sangat rapat yang dilengkapi segel. Ini lah kenapa tumbler sangat bagus dan multifungsi.

3. Mengurangi Penggunaan Botol Plastik

Jika anda sering banget beli air minum botolan, jadinya kita bisa nambahi sampah plastik kan? Pake tumbler bisa dipake berulang, kita bisa bantu kurangi sampai plastik dengan menggunakan tumbler setiap hari, tumbler hanya tinggal cuci setiap hari sebelum dipake lagi.

4. Sebagai Media Promosi

apa itu tumbler

Tumbler sering banget digunakan sebagai media promosi persuahaan. Biasanya perusahaan akan membagikan tumbler ke konsumen, klien atau karyawan mereka. Tumbler custom yang dijadikan souvenir buat acara – acara tertentu. Dengan nyetak logo atau nama perusahaan di tumbler, bisa buat meningkatkan awareness orang – orang sama brand atau perusahaan. Karena kebanyakan orang suka bawa tumbler buat kegiatan sehari – hari mereka.

Rekomendasi Ukuran Tumbler yang Ideal

apa itu tumbler

Setelah memahami konsep dan manfaat dari tumbler, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai ukuran botol minum yang umumnya tersedia di pasaran. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menemukan produk yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah penjelasan mengenai berbagai ukuran tumbler yang tersedia:

Ukuran Standar

Tumbler umumnya memiliki kapasitas yang lebih besar daripada gelas biasa, dengan ukuran standar berkisar antara 350 ml hingga 500 ml. Ukuran ini dirancang agar tumbler tetap ringan dan nyaman saat dibawa bepergian.

Namun, bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh, seperti mendaki gunung, disarankan untuk menggunakan tumbler dengan kapasitas antara 620 ml hingga 1200 ml. Dengan begitu, Anda dapat membawa cadangan air yang mencukupi untuk beberapa waktu.

Ukuran Tumbler dengan Slot untuk Kertas

Tumbler dengan slot untuk kertas, atau yang biasa disebut tumbler insert paper, merupakan tumbler yang dilengkapi dengan slot di badannya untuk menyisipkan kertas karton. Volume air yang dapat ditampung dalam tumbler ini dipengaruhi oleh ukuran slot tersebut.

Jika Anda berencana untuk membuat tumbler dengan desain khusus yang dilengkapi dengan foto atau kertas karton, disarankan untuk memilih tumbler dengan kapasitas sekitar 460 ml. Ukuran kertas karton yang cocok untuk dimasukkan biasanya sekitar 18 cm x 6 cm, serupa dengan ukuran tumbler yang biasa digunakan di kedai kopi, seperti Starbucks.

Ukuran Kertas untuk Insert Paper

Jika Anda memutuskan untuk melakukan kustomisasi desain pada botol minum, pastikan untuk mengetahui ukuran kertas yang sesuai. Hal ini merupakan langkah penting karena ukuran kertas yang tidak sesuai dapat memengaruhi hasil akhir yang diinginkan.

Semoga bermanfaat artikel tentang pengertian tumbler ini, dengna mengetahui apa itu tumbler, akan membantu anda dalam menambah wawasan dan pengetahuan.