Manfaat Merchandise Sebagai Media Promosi Bisnis. Merchandise merupakan segala bentuk produk yang menampilkan nama perusahaan atau brand, logo dan profil lainnya, yang diberikan kepada konsumen.
Merchandise biasanya diberikan kepada konsumen oleh perusahaan karena telah mengikuti atau berpartisipasi dalam kegiatan tertentu. Produk tersebut bisa diberikan secara gratis maupun berbayar.
Manfaat Merchandise Sebagai Media Promosi Bisnis
Bukan hanya perusahaan besar saja yang memberikan merchandise kepada pelanggan, pelaku usaha kecil dan menengah juga bisa menggunakannya untuk kegiatan promosi bisnis.
Bentuk merchandise pun sangat beragam, mulai dari kaus, barang pecah belah, ataupun barang-barang lainnya yang masih terkait dengan bisnis yang mengusungnya.
Kenyataannya hingga saat ini, strategi promosi dengan memberikan merchandise sebagai hadiah, dirasa masih sangat efektif. Tak jarang, banyak konsumen yang memilih sebuah produk, karena terdapat hadiah sebagai tambahannya.
Manfaat Merchandise Sebagai Media Promosi Bisnis
Peran Merchandise dalam Dunia Bisnis
Cara ini dinilai efektif sebagai salah satu strategi promosi karena merchandise memiliki peran penting sebagai media promosi untuk meningkatkan brand awareness bisnis. Berikut beberapa peran penting merchandise sebagai media promosi dalam bisnis.
1. Media Promosi Jangka Panjang
Secara umum, beragam merchandise yang diberikan brand dan perusahaan kepada pelanggan bersifat jangka panjang atau bisa digunakan dalam waktu lama. Hal ini berarti konsumen akan lebih mudah mengingat brand Anda yang termuat dalam merchandise tersebut. Jika dibandingkan dengan media promosi dalam bentuk booklet atau brosur, merchandise dinilai lebih unggul.
Sebab, merchandise memiliki daya guna yang lebih lama daripada booklet atau brosur. Sehingga, ketika konsumen membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, mereka akan mempertimbangkan untuk membeli produk lagi. Dikarenakan peran dan fungsi merchandise cukup penting, maka melalui produk tersebut Anda dapat memanfaatkan sebagai media promosi yang efektif. Tujuan Anda untuk meningkatkan penjualan pun bisa tercapai.
2. Daya Tarik Konsumen
Kecenderungan masyarakat dalam membeli suatu produk, salah satunya untuk mendapatkan merchandise yang ditawarkan dari brand tertentu. Tidak jarang konsumen yang tergiur untuk membeli produk atau menggunakan jasa tertentu untuk mendapatkan merchandise-nya. Hal ini menunjukkan bahwa merchandise memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen. Jadi jika Anda adalah pelaku usaha atau pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk mengenalkan produk baru maupun mendorong peningkatan penjualan.
3. Mendorong Terjadinya Daya Saing Produk
Persaingan pasar yang ramai dengan beragam produk tentu saja tidak mudah Anda menangkan. Anda harus mampu memberikan nilai tambah yang dapat menjadi pembeda antara produk Anda dengan milik pesaing. Dalam hal ini, merchandise dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen serta menjadi pembeda dari pesaing Anda di pasaran. Nilai lebih yang Anda tawarkan tersebut akan dilihat konsumen sebagai keunggulan dan daya tarik. Sehingga mereka terdorong untuk membeli produk Anda.
4. Wujud Apresiasi
Apabila perusahaan Anda menyelenggarakan suatu kegiatan, Anda dapat sekaligus memberikan apresiasi kepada konsumen melalui pemberian merchandise. Sebab, dengan memberikan produk tersebut kepada konsumen, secara tidak langsung Anda mengapresiasi mereka karena telah menggunakan produk Anda.
Manfaat Merchandise Sebagai Media Promosi Bisnis
Setelah mengetahui fungsi merchandise yang begitu efektif sebagai media promosi dan beragam jenis merchandise. Apakah Anda tertarik untuk membuat merchandise bagi bisnis? Sebelum merencanakan pembuatan merchandise, ada baiknya kalian memikirkan baik-baik jenis merchandise yang tepat untuk konsumen.
Untuk menentukan jenis merchandise, kenali terlebih dahulu karakter konsumen agar fungsi merchandise bisa lebih optimal. Misalnya saja jika konsumen didominasi oleh anak-anak, maka merchandise yang tepat bisa berupa pulpen, pensil, notes, wadah alat tulis dan merchandise sejenis lainnya. Sementara itu jika konsumen lebih banyak berasal dari kalangan pekerja, kalian bisa memilih merchandise berupa tumbler, mug atau kalender meja.
Perhatikan kualitas bahan merchandise yang kalian gunakan. Seringkali karena ingin menekan biaya produksi merchandise, akhirnya dipilihlah merchandise dengan bahan yang kurang berkualitas. Kualitas merchandise nantinya akan mempengaruhi penilaian konsumen terhadap bisnis. Merchandise yang berkualitas akan memberikan kesan positif.
Sebaliknya, kualitas merchandise yang buruk akan memicu kesan buruk dan ketidakpercayaan terhadap bisnis Anda. Selain itu, kualitas merchandise yang baik akan membuat fungsi merchandise sebagai media promosi dapat berjalan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Misalnya saja kaos yang berkualitas akan membuat konsumen bisa memakainya dalam jangka waktu yang lama.
Manfaat Merchandise Sebagai Media Promosi Bisnis