Saat ini kita berada pada era dimana perusahaan menghadapi banyak persaingan ketat karena teknologi dan inovasi lainnya terus dikembangkan dan ditingkatkan untuk membuat bisnis lebih efektif. Ada persaingan terus menerus bagi konsumen di media sosial dan iklan tradsonal di mana bisnis anda mencoba memasarkan produk dan layanan anda menggunakan strategi seperti pemberian promo diskon atau produk promosi
Anda mungkin bertanya-tanya apa tepatnya produk promosi itu; kelebihan disbanding promo yang lain; dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan dan memperluas bisnis Anda sendiri. Mari kita simak:
APA PRODUK PROMOSI?
Produk promosi mengacu pada barang yang diberikan oleh perusahaan dengan tujuan untuk menarik perhatian ke produk atau acara yang akan datang. Produk biasanya dicetak dengan logo, nama, dan pesan perusahaan yang dianggap berguna untuk tujuan akhir dari strategi pemasaran. Produk-produk yang dicetak yang diberikan secara gratis disebut spesialisasi iklan sementara barang-barang yang dicetak didistribusikan untuk tindakan tertentu dikenal sebagai Hadiah bisnis, penghargaan, dan barang yang biasa diberikan oleh instansi pemerintahan untuk sebuah acara juga termasuk dalam produk promosi.
BAGAIMANA SAYA MENGGUNAKAN PRODUK PROMOSI UNTUK MARKET BISNIS SAYA?
- Tentukan tujuan spesifik mengenai produk. Langkah pertama dalam setiap program atau strategi pemasaran adalah menetapkan ekspektasi dan tujuan akhir. Ini membantu dalam menjelaskan tujuan program dan berfungsi sebagai pedoman.
- Tentukan rencana distribusi yang bisa diterapkan ke konsumen yang ditargetkan. Rencana distribusi yang dilaksanakan dengan baik membantu memperkuat efektivitas produk promosi.
- Memiliki tema utama. Tema dengan warna dan logo tertentu membantu menciptakan gambar yang mudah dikenali. Ini juga ideal untuk memilih tema yang sejalan dengan tujuan spesifik yang ditentukan pada awal program.
- Pilih produk promosi yang akan berguna bagi penerima. Penerima lebih mungkin menyimpan barang yang akan berguna untuk kehidupan sehari-hari mereka dan bisa memberikan nilai tambah.
- Pilih produk yang berkaitan dengan profesi atau tema komunikasi Anda.
APA JENIS PRODUK PROMOSI YANG TERSEDIA?
Ada beragam pilihan untuk dipilih. Contoh produk promosi umum adalah tumbler, pulpen, flashdisk, kalender, gantungan kunci, tas, lanyard, dompet, payung, produk yang dibuat khusus, atau impor khusus, dll. Perusahaan bahkan bisa menggunakan pakaian dan topi untuk tujuan promosi. . Ini biasanya digunakan oleh karyawan dan dapat diberikan kepada klien dan konsumen. Kemungkinannya tidak terbatas.
APA KEUNGGULANNYA?
Seperti telah disebutkan sebelumnya, produk promosi adalah cara yang ideal untuk beriklan dan berfungsi sebagai alat pemasaran dan promosi yang hebat. Produk promosi menjadi produk yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari sementara pada saat yang sama,
mengiklankan perusahaan. Ini adalah alat visual yang memberikan landasan kepada perusahaan dan memungkinkan konsumen untuk mempromosikan produk atau layanan kepada yang lain. Semua ini terlihat setiap kali produk digunakan.
Kedua, biaya produk promosi sering kali lebih murah dibandingkan iklan di televisi. Dengan strategi pemasaran seperti itu, perusahaan dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dengan biaya rendah. Produk promosi mampu menciptakan kesan yang langgeng pada konsumen, klien dan publik pada umumnya, sementara iklan media di sisi lain hanya berjalan selama seminggu atau sebulan dan mudah dilupakan. Produk promosi yang hebat memiliki potensi untuk berada di pasar selama bertahun-tahun.
Selain itu, barang promosi memperkenalkan merek bisnis ke khalayak yang lebih besar. Iklan radio dan televisi dirancang untuk khalayak target tertentu yang berarti produk atau layanan yang dipromosikan hanya dapat menjangkau orang dalam jumlah terbatas. Produk promosi seperti branding indoor dan outdoor di sisi lain memiliki potensi untuk menjangkau lebih banyak orang melalui tempat-tempat seperti toko, parade, dan acara. Kemungkinannya benar-benar tak ada habisnya. Itu semua membantu dalam menciptakan kesadaran merek dan kesetiaan dari pelanggan untuk merek.
Sekarang setelah Anda mengetahui seluk-beluk produk promosi, persiapkan program promosi Anda untuk tahun 2019 dan izinkan kami dari HERVENT untuk membantu Anda mengoptimalkan strategi pemasaran dan memberi Anda branding produk perusahaan berkualitas!