Apa Kegunaan Souvenir dan Pengertian Souvenir? Mengutip dari kamus The Collins Cobuild Dictionary (2009), souvenir adalah barang yang relatif kecil dengan harga terjangkau dan dimaksudkan untuk hadiah, koleksi pribadi, maupun benda kenang-kenangan terkait pada suatu tempat yang pernah dikunjungi ataupun kejadian tertentu dan sejenisnya.
Kata lain dari souvenir adalah buah tangan, cendera mata, kenang-kenangan, oleh-oleh dan tanda mata. Terkadang beda daerah beda pula istilahnya dalam penyebutan kata souvenir ini seperti dalam kata baku bahasa indonesia yang penulisannya menjadi suvenir.
Apa Kegunaan Souvenir dan Pengertian Souvenir?
Apa itu Souvenir?
Souvenir adalah sekelompok benda atau barang yang dijadikan sebagai simbol atas kenangan maupun kejadian penting yang biasanya berbentuk indah dan terbatas.
Souvenir artinya “untuk mengenang” dan berasal dari bahasa Perancis yaitu “souvenir”. Sementara dalam bahasa inggris souvenir artinya benda pengingat untuk suatu hal tertentu. Maksud dari hal di sini mengacu pada orang atau tokoh tertentu, suatu kejadian (peristiwa) dan tempat.
Kemudian menurut kamus Webster English Dictionary (2004), souvenir adalah barang-barang yang diambil oleh wisatawan sebagai kenang-kenangan dalam suatu perjalanannya.
Pada awalnya produk-produk souvenir ini merupakan bagian dari kerajinan tangan atau handy crafts yang lahir dari keterampilan dan kreativitas para pengrajin, di mana mereka mampu menjadikan barang-barang tidak menarik menjadi produk kerajinan tangan yang begitu menarik serta digemari banyak orang dan terutama oleh wisatawan.
Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan zaman serta teknologi, peranan souvenir tak hanya untuk kerajinan tangan sebagai cendera mata dari suatu tempat tertentu, namun juga mampu masuk ke berbagai industri seperti penggunaan dalam sebuah event, pameran dan kegiatan atau acara tertentu sehingga dibuatlah secara massal.
Terkait dengan hal di atas contoh souvenir adalah seperti asbak, cangkir (mug), gantungan kunci (keychain), mangkuk, sendok, kaos, topi, notebook, kalender, tumbler dan lainnya.
Apa Kegunaan Souvenir dan Pengertian Souvenir?
Kegunaan Souvenir
Kegunaan souvenir sangat menarik dan beraneka ragam dalam berbagai kondisi kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkup bisnis, nah berikut ini penjabarannya
Menambah Daya Tarik Konsumen
Souvenir ini berguna untuk menambah daya tarik konsumen, ketika desain yang digunakan juga menarik sekaligus berkesan bagi si penerima dan kedepannya berpotensi pula sebagai target pasar.
Sebaiknya Anda harus memperhatikan hal apa saja yang akan ditampilkan pada souvenir terkait dengan perusahaan seperti logo, tagline, gambar perusahaan dan lainnya yang masih relevan dengan perusahaan.
Sebagai Kenang-Kenangan
Souvenir sangat cocok sebagai barang kenang-kenangan dalam berbagai kondisi, seperti diberikan pada tamu perusahaan, acara tertentu dan sebagainya. Tujuan dari hal ini tentunya sebagai benda kenang-kenangan pemicu atau pengingat akan suatu objek maupun kejadian tertentu.
Sebagai Simbol Ucapan Terima Kasih
Ucapan terima kasih dapat disampaikan melalui souvenir, di mana kondisi ini lumrah terjadi saat pertukaran souvenir terkait kerjasama diantara dua perusahaan maupun perorangan, hal ini juga menjadikan hubungan antar perusahaan atau perorangan tersebut menjadi lebih baik.
Media Pengenalan Produk Perusahaan
Produk adalah bagian vital dalam perusahaan yang sangat membutuhkan promosi agar lebih dikenal oleh calon konsumen, promosi sendiri membutuhkan media yang tepat seperti dalam bentuk lakban printing ataupun souvenir agar calon pelanggan dapat lebih mudah mengingat produk tersebut.
Souvenir ini biasanya tercantum logo, nama produk atau perusahaan yang hendak dipromosikan. Pilihlah bentuk souvenir yang kiranya dapat dimanfaatkan atau memiliki fungsi jika dipakai oleh penerimanya, hal ini tentu secara langsung maupun tidak langsung membuat mereka mengingat perusahaan Anda.
Menaikkan Keuntungan Penjualan
Melalui penggunaan souvenir sebagai media promosi mampu meningkatkan kemungkinan tingginya penjualan dan menggaet lebih banyak konsumen baru jika dilakukan dengan strategi dan waktu yang tepat. Hal ini juga merupakan salah satu solusi yang ampuh dalam mengatasi persaingan.
Mengundang Calon Pembeli
Souvenir yang bermanfaat dan bermutu tentu membuat orang yang menerimanya akan merasa senang dan tertarik, ini adalah gerakan awal dalam menyampaikan kulaitas perusahaan kemudian cepat atau lambat mereka juga akan menggunakan produk Anda karena merasa percaya dan yakin dengan kualitasnya.
Menumbuhkan Kesan Positif
Pemilihan souvenir sebaiknya mengedepankan kualitas dan mencerminkan gambaran atau profil perusahaan, sehingga mampu meningkatkan keyakinan konsumen dan menimbang akan mutu produk yang diberikan. Nah, hal ini berdampak pada pemberian souvenir perusahaan yang nantinya mampu memperlihatkan kredibilitas perusahaan pada calon konsumen.
Membuat Karyawan Lebih Bangga pada Perusahaan
Adakalanya souvenir tidak harus sebagai media promosi, namun bisa sebagai kenang-kenangan, hadiah atau cendera mata bagi karyawan. Dengan kegiatan ini mampu mempengaruhi nilai kebanggaan atau prestise karyawan pada perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Apa Kegunaan Souvenir dan Pengertian Souvenir?
Info tambahan lainnya tentang produk kami, bisa cek di landing page berikut ini :
INFORMASI LAYANAN
- Whatsapp : 0811912502, 0811367905